Ragam kompetisi warnai Festival Film Anti-Korupsi KPK

KPK ingin menyemangati generasi muda mencegah korupsi selama pandemi Covid-19.

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)/Foto Alinea/Achmad Al Fiqri

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali luncurkan "Anti-Corruption Film Festival" (ACFFest) 2021, dengan tema “Bangkit, Beraksi, dan Berkreasi”.

Melalui kegiatan tersebut KPK ingin menyemangati generasi muda agar tetap berkarya dan mencegah korupsi selama pandemi Covid-19. KPK juga ingin mengajak masyarakat berpartisipasi memberantas korupsi lewat media sosial dan medium film.

Wawan Wardina selaku Deputi Bidang Pendidikan dan Peran serta Masyarakat KPK menyebutkan, media film dipilih karena efektif dalam memberikan dan menyebarluaskan pesan-pesan bagi masyarakat. Terlebih sesuai dengan kebudayaan Indonesia itu sendiri yang senang bercerita dan terbiasa untuk melihat visual.

Rangkaian acara ACFFest 2021 tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. KPK kali ini menghadirkan kompetisi baru dengan menggunakan platform digital yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat, yaitu TikTok.

Ada dua kategori yang dikompetisikan pada ACFFest 2021. Pertama, kompetisi film pendek fiksi, maksimal 15 menit; film pendek dokumenter, maksimal 15 menit; film pendek animasi, maksimal 15 menit; dan video TikTok antikorupsi, maksimal 3 menit.