Ramadan, Kemenkes imbau penerima vaksin penuhi kebutuhan cairan tubuh

Masyarakat tidak perlu pilih-pilih jenis vaksin Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi saat memberikan keterangan pers/Foto Tim Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, program vaksinasi Covid-19 pemerintah tetap dilanjutkan selama Ramadan 2021. Bahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 juga akan digelar pada malam hari.

“Proses vaksinasi kami lakukan pada siang saat umat Muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan dan akan juga kami lakukan pada malam hari selama tidak mengganggu ibadah malam pada bulan Ramadan ini,” ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (12/40).

Untuk penjadwalan vaksinasi pada malam hari, kata dia, pengurus masjid harus berkoordinasi dengan puskesmas setempat melalui ketua rukun tetangga/rukun warga (RT/RW) dan kepala desa. Ia pun menyebut, tidak ada persiapan khusus untuk calon penerima vaksinasi saat Ramadan karena tidak akan mempengaruhi kondisi tubuh seseorang yang sedang berpuasa.

Namun, sambung Nadia, calon penerima vaksin Covid-19 tetap harus menjaga kesehatannya. Selain itu, calon penerima vaksin Covid-19 harus beristirahat dengan cukup, serta sahur dengan menu bergizi dan seimbang. Ia pun mengimbau agar calon penerima vaksin memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih.

Nadia melanjutkan, calon penerima vaksin Covid-19 tidak perlu pilih-pilih jenis vaksin Covid-19, karena yang terbaik adalah yang tersedia dan boleh digunakan.