Rangkaian acara peringatan HUT ke-75 RI dibuat meriah

Pengukuhan Paskibraka HUT RI hanya diikuti delapan orang.

Suasana Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta, 2019/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Pemerintah, melalui Kementerian Sekretariat Negara, telah menggelorakan nuansa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia ke berbagai pemerintah daerah dan kementerian/lembaga sejak Juli lalu. Memasuki Agustus, kemeriahan, nuansa, dan aura kemerdekaan semakin bertambah.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, pada bulan ini ada sejumlah rangkaian acara kenegaraan, dimulai 13, 14, 15, dan 17. "Pada 13 (Agustus) ada kegiatan acara di Istana, mungkin memberi penganugerahan tanda jasa. Lantas sebagaimana kita ketahui tahun-tahun lalu, ada Paskibraka, nanti kita tetap kukuhkan tetapi di sini agak sedikit berbeda," jelas Heru saat acara konferensi pers peringatan HUT ke-75 RI di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8).

Pengukuhan Paskibraka tahun ini hanya diikuti oleh delapan orang yang telah terpilih pada tahun 2019. Seleksi Paskibraka tahun ini ditiadakan sebagai bagian dari protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

"Bapak Presiden akan mengukuhkan anak-anak muda kita yang 8 orang, selanjutnya yang mewakili tingkat provinsi itu akan dilakukan pengukuhan via video conference. Sehingga generasi muda tetap bisa memberikan apresiasinya melalui Paskibra yang akan nanti dilanjutkan dengan mereka bertugas pada tanggal 17 Agustus baik itu penaikan maupun penurunan bendera," jelas Heru.

Setelah itu, pada 14 Agustus, Presiden Joko Widodo dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan di MPR/DPR. Kasetpres menegaskan, panitia bersama dengan MPR/DPR akan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.