Respons Anies Baswedan atas banjir yang melanda Jakarta

Ketinggian muka air di sejumlah lokasi di Jakarta sempat berada di level Siaga II.

Pengendara melintasi jalan yang terendam banjir di Sendangrejo, Madiun, Jawa Timur, Selasa (5/3)./ Antara Foto

Banjir menggenangi sejumlah kawasan Jakarta akibat hujan yang mengguyur pada Selasa (5/3). Berdasarkan laporan warga yang diunggah di sosial media Twitter dengan tanda pagar #jktinfo, banjir terjadi di beberapa kawasan seperti, Koja, Mangga Dua, Jelambar, Kedoya, Ancol, Pluit, Angke, dan Tomang.

Bahkan banjir yang menggenangi kompleks Green Garden, Jakarta Barat, menyebabkan lalu lintas di kawasan tersebut terganggu sehingga menyebabkan kemacetan.

Namun, Gubernur Anies Baswedan meminta agar awak media tak hanya mengumbar sensasi dengan pemberitaan mengenai banjir yang terjadi. Menurutnya, banjir yang dikabarkan melalui pemberitaan maupun media sosial, harus dicek kembali kebenarannya.

"Saya berharap teman-teman yang menulis (menyertakan) jumlah RT-nya berapa, durasinya berapa lama, karena sensasinya enggak sebanding dengan kondisinya," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (5/3).

Banjir menggenangi perumahan pasir putih ancol, tepatnya di jalan pantai sanur 6. @TMCPoldaMetro @JKTinfo @PasukanOranges @PemdaDKIJakarta pic.twitter.com/Q2aAuWjydL