Respons KCI soal 3 penumpang KRL positif Covid-19

PT KCI klaim telah mengikuti prokotol pencegahan Covid-19.

Penumpang duduk di bangku yang telah diberi stiker panduan jarak antarpenumpang di rangkaian gerbong kereta MRT Jakarta, Jumat (20/3)/Foto Antara/Aprillio Akbar.

PT Kereta Commuter Jabodetabek menanggapi adanya tiga pengguna kereta rel listrik (KRL) yang positif Covid-19 setelah menjalani tes polymerase chain reaction atau PCR.

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba menyebutkan, dari sampel 325 orang pengguna KRL pada Senin (4/5/2020) pagi, ditemukan tiga orang atau kurang dari 1% dari pengguna yang dites hasilnya positif.

“Meski persentasenya sangat rendah, kami tetap berupaya meningkatkan berbagai upaya pencegahan, terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan prokotol pencegahan Covid-19 di transportasi publik, jaga jarak fisik, dan mengendalikan kepadatan pengguna di KRL,” ujar Anne dalam keterangannya.

Indikasinya, lanjut Anne, ketiga penunggpang KRL tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang sebelumnya tidak pernah mengetahui bahwa mereka positif Covid-19.

Menurut dia, penyebaran virus ini sendiri dapat terjadi dimanapun, termasuk di lokasi kerja, di pasar-pasar, maupun kemungkinan lokasi lainnya yang didatangi para pengguna.