RI bakal kembali kirim bantuan logistik untuk korban gempa Turki dan Suriah

Bantuan tersebut akan diberangkatkan menggunakan pesawat kargo. Logistik bantuan yang dikirimkan antara lain berupa bahan-bahan pangan.

im Kemanusiaan Indonesia yang terdiri dari BNPB dan emergency medical team (EMT) melakukan persiapan untuk pengaktifan pelayanan medis kepada warga terdampak gempa M7,8 Turkiye pada Selasa (14/2/2023). Foto BNPB

Pemerintah Indonesia bakal kembali mengirimkan bantuan untuk korban terdampak gempa bumi di Turki dan Suriah. Bantuan tahap ketiga yang berupa logistik kebutuhan para korban bencana ini, rencananya dikirimkan pada pekan depan.

"Untuk berikutnya kita akan mengirim bantuan berupa logistik yang dibutuhkan, nanti insyaallah akan diberangkatkan tanggal 20 Februari," kata Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dikutip dari keterangan resmi, Rabu (15/2).

Muhadjir menyebut, bantuan tersebut akan diberangkatkan menggunakan pesawat kargo. Logistik bantuan yang dikirimkan antara lain berupa bahan-bahan pangan, bahan-bahan peralatan yang dibutuhkan, termasuk juga selimut.

"Akan kami berangkatkan sebanyak empat pesawat kargo untuk mengirim bahan-bahan pangan, bahan-bahan peralatan yang dibutuhkan termasuk selimut. Pokoknya yang sesuai dengan permintaan dari Turki dan pemerintah Suriah," ujar dia.

Selain itu, kata Muhadjir, Presiden Joko Widodo menyetujui bahwa pemerintah juga akan mengirimkan bantuan berupa uang tunai atau nonmaterial.