Menkes: Indonesia termasuk yang terdepan dalam pengendalian pandemi Covid-19

Tren kasus Covid-19 di Indonesia berada di bawah ketetapan standar WHO. Sehingga, sesuai standar tersebut, Indonesia berada di level 1.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Alinea.id/Gempita Surya

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim, Indonesia menjadi salah satu negara terdepan dalam pengendalian pandemi Covid-19. Hal ini ditunjukkan dari konsistensi kasus Covid-19 di Indonesia yang berada di level 1 berdasarkan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Pandemi itu ada standarnya di WHO. Jadi jumlah kasusnya itu di bawah 20 per 100.000 per minggu itu masuk level 1, kalau masuk rumah sakit 5 kasus per 100.000 per minggu, kalau misalnya meninggal 1 per 100.000 per minggu," kata Budi saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (20/12).

Budi mengatakan, tren kasus Covid-19 di Indonesia berada di bawah angka ketetapan standar WHO. Sehingga, sesuai standar tersebut, Indonesia berada di level 1.

"Kalau di bawah threshold (batas) itu, secara aturan WHO masuk ke level 1. Dan sampai sekarang, Indonesia masih level 1, itu sudah hampir 12 bulan," ujar dia.

Meski tren kasus Covid-19 di Indonesia mulai mengalami penurunan, Budi menyebut tak ingin terburu-buru menyatakan pandemi telah berakhir. Sebab, ketentuan untuk menyatakan berakhir tidaknya pandemi tetap harus mengacu pada kebijakan dari WHO.