Ribuan masih kosong, catat sarat memiliki Rusun di Jakarta

Bagi warga DKI Jakarta yang ingin menempati rumah susun sederhana sewa (Rusunawa), masih ada ribuan unit kosong.

Bagi warga DKI Jakarta yang ingin menempati rumah susun sederhana sewa (Rusunawa), masih ada ribuan unit kosong. Alinea.id/Eka Setiyaningsih

Bagi warga DKI Jakarta yang ingin menempati rumah susun sederhana sewa (Rusunawa), masih ada ribuan unit kosong.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) menyediakan 9.430 unit rusunawa siap huni. Rusunawa itu tersebar di 12 lokasi dengan total 42 tower pada tahun ini.

Hingga saat ini, hanya tersisa 5.505 unit rusunawa yang tersedia di lima lokasi. Sebab, sebanyak 3.925 unit lain yang terdapat di tujuh lokasi sudah memiliki calon penghuni yang lolos verifikasi dokumen.

"Kami harap, unit rusunawa yang kami sediakan dapat menjadi pilihan warga Jakarta mencari tempat tinggal yang layak, nyaman, dan terjangkau. Masyarakat yang tertarik menempati unit rusunawa ini dapat langsung mengajukan permohonan kepada Kepala Unit Pengelola Rumah Susun, dengan melampirkan dokumen-dokumen yang lengkap,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kelik Indriyanto dalam siaran pers yang diterima Alinea.id, Selasa (25/6).

Berikut lima lokasi rusunawa yang masih tersedia unit kosong: