Ribuan polisi bersiaga amankan Papua jelang HUT OPM

Pengerahan pasukan dilakukan guna memberi rasa aman kepada masyarakat.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) didampingi Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab (kedua kiri) menyalami anggota Brimob di sela-sela upacara apel gabungan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (14/10)./ Antara Foto

Sebanyak 1.300 personel aparat kepolisian disiapkan untuk mengamankan wilayah Papua menjelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember. Pengerahan pasukan dilakukan guna memberi rasa aman kepada masyarakat.

"Apalagi awal Desember ada berbagai kegiatan keagamaan, misalnya pra Natal, sehingga diharapkan masyarakat, khususnya umat Kristiani, tetap dapat melaksanakannya tanpa gangguan yang berarti," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw di Jayapura, Papua, Selasa (26/11).

Para personel yang disiapkan akan ditempatkan di sejumlah lokasi. Namun Paulus tak merinci lokasi maupun kesatuan asal para personel yang dilibatkan.

Dia hanya mengatakan aparat yang disiagakan bukan merupakan personel tambahan. "Tidak ada penambahan pasukan, namun lebih mengoptimalkan pasukan yang sudah ada dan bertugas di berbagai wilayah di Papua," kata Paulus.

Menurutnya, upaya pengamanan ini penting dilakukan mengingat kelompok-kelompok yang berusaha memisahkan Papua dari NKRI, juga memiliki agenda rutin jelang HUT OPM. Kegiatan mereka kerap kali ditandai dengan pengibaran bendera Bintang Kejora.