Ridwan Kamil: Operasional KRL disetop 18 April

Tanggal tersebut bertepatan dengan pelaksanaan PSBB di wilayah Banten.

Sejumlah penumpang berada di dalam kereta rel listrik (KRL) Commuterline di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (14/4/2020). Foto Antara/M Risyal Hidayat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut kemungkinan penghentian operasional kereta rel listrik atau KRL commuter line, dilakukan pada Sabtu, 18 April 2020. Penghentian operasional KRL, diusulkan kepala daerah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Usulan tersebut disampaikan kepada pihak PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) dan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), guna mendukung pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

"Kemungkinan dihentikan tanggal 18 April," kata Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan PSBB di Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4).

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, tanggal tersebut bertepatan dengan pelaksanaan PSBB di tiga wilayah Provinsi Banten. Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Di tanggal tersebut, terdapat tiga provinsi terkait yang melaksanakan PSBB, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. KRL juga beroperasi di tiga provinsi tersebut, tepatnya di wilayah-wilayah yang telah disetujui menerapkan PSBB.