Mitigasi Bencana, Ridwan Kamil usul pembentukan badan koordinasi antarwilayah

Keputusan atas saran tersebut berada di tangan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi (ketiga kanan) memimpin rapat pencegahan dan penanganan dampak banjir di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengusulkan pembentukan badan koordinasi antarwilayah dalam penanganan banjir. Agar pelaksanaannya bisa berjalan cepat dan tepat.

"Agar tidak saling lempar. Tapi, dikelola oleh lembaga resmi yang nanti mengelola anggaran juga. Contohnya, perlu membuat embung di Bogor. DKI Jakarta juga bisa menyumbang," katanya di Kota Bandung, Rabu (8/1).

Usulan disampaikan kala rapat di Istana Merdeka, kemarin sore. Presiden Joko Widodo (Jokowi) diklaim mengapresiasinya. "Tapi, keputusan ada di beliau," ucap Emil, sapaannya.

Rapat penanganan pascabanjir dan longsor dipimpin Jokowi. Turut dihadiri beberapa kepala daerah yang wilayahnya dilanda bencana hidrometeorologi, awal 2020.

"Rapat tadi itu, kita bersama-sama memikirkan secara komprehensif. Jadi, tidak perintah, ini deadline tanggal segini. Tidak (ada). Tapi, betul-betul semuanya saling mendengarkan, tukar informasi mana yang saat ini harus dikerjakan," tuturnya.