Riset Alinea.id: 5.950 berita dan 40.226 cuitan tentang mata uang kripto

Portal media online CNBC Indonesia terbanyak memberitakan mata uang kripto.

Ilustrasi/Alinea.id/Bagus Priyo

Riset Alinea.id mencatat total ada 5.950 pemberitaan tentang mata uang kripto dari 621 portal media online dalam negeri pada kurun waktu 1 April hingga 21 Mei 2021. Portal media online CNBC Indonesia terbanyak memberitakan mata uang kripto.

Tingginya pemberitaan tentang mata uang kripto ini tak lepas dari figur yang paling banyak dikutip pernyataannya oleh media online, pertama adalah CEO Indodax, Oscar Darmawan sebanyak 1.812 berita. Oscar banyak dikutip terkait dinamika fluktuasi harga mata uang kripto.

Disusul Ceo Tesla, Elon Musk sebanyak 1.330 berita. Elon Musk banyak mendapat sorotan ketika menyebut tidak akan menggunakan Bitcoin lagi sebagai alat pembayaran untuk penjualan kendaraan Tesla.

Lalu, Presiden Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam Lumban Tobing sebanyak 1.008 berita yang kebanyakan mengenai pendapatnya seputar investasi kripto. Ia menilai, aset kripto memiliki risiko yang tinggi, karena tidak memiliki underlying asset yang menaungi nilai investasi. Pergerakan harga pun terjadi hanya berdasarkan permintaan dan penawaran.

Terdapat pula figur dari kalangan internal Polri. Misalnya, Dirtipideksus Bareskrim Polri, Helmy Santika sebanyak 683 berita, Kapolda Jatim Nico Afinta 579 berita, dan Kabag Penum Humas Polri Ahmad Ramadhan 351 berita yang banyak dikutip pernyataannya terkait kasus penipuan investasi kripto E-Dinar Coin Cash atau EDCCash.