Riset: SEA Games dominasi berita dan media sosial dalam dua pekan terakhir

SEA Games menjadi salah satu isu yang banyak diberitakan media. 

Skuad Timnas U23 kontra Timor Leste di SEA Games 2022. Foto: Twitter PSSI.

Pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games rupanya sangat mendominasi pemberitaan maupun unggahan media sosial kurang lebih dalam dua pekan terakhir. Cabang olah raga sepak bola paling mendapat pemberitaan dan juga sorotan media sosial.

Berdasarkan riset Alinea.id, pergerakan ekspos beritanya pun terus meningkat. Dalam perode 1-12 Mei 2022 tercatat ada 10.689 berita mengenai SEA Games di media online. Pertandingan cabor sepak bola di fase grup SEA Games menjadi salah satu isu yang banyak diberitakan media. 

Sorotan media banyak terfokus kepada cabor sepak bola. Pertandingan Indonesia melawan Vietnam, dan Timor Leste banyak mendapat pemberitaan. Selain itu, permasalahan di luar lapangan seperti klaim tempat latihan Timnas Indonesia yang tidak layak juga mendapat atensi media.

Menariknya, ada sejumlah tokoh yang cukup mendominasi media seputar Sea Games. Data Alinea.id menunjukan bahwa pelatih Timnas Sepak bola Indonesia, Shin Tae-Yong, menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangannya oleh media seputar persiapan Timnas Indonesia menghadapi beberapa laga di kualifikasi grup sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Pelatih asal Korea Selatan itu diberitakan sebanyak 5719 berita, kemudian diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi) (1607), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (1496), Ketua Umum PSSI M Iriawan (1078), dan lain sebagainya.