Romahurmuziy beri sinyal keterlibatan Menag Lukman

"Jadi kalau ditanya terlibat atau tidak, memang yang punya SK kan Menteri Agama."

Tersangka kasus dugaan suap seleksi pengisian jabatan di Kementerian Agama Romahurmuziy (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/6)./ Antara Foto

Tersangka kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama Jawa Timur Romahurmuziy, memberi sinyal keterlibatan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam kasus yang menjeratnya. Rommy pun mengaku pernah mengusulkan sejumlah nama kepada Menag untuk menjadi pimpinan di lingkungan Kemenag Jatim.

Hal itu ia uangkapkan usai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sebagai tokoh masyarakat, saya sering berkeliling ke seluruh nusantara, dan tidak jarang saya sering mendapat masukan dari berbagai pihak yang mengusulkan sejumlah nama. Nama-nama itu saya usulkan ke Pak Menteri sebagai kewajiban saya selaku anggota DPR," kata Rommy di Gedung Penunjang Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (14/6).

Meski demikian, Rommy mengaku tidak mengira sebagian nama yang dia usulkan mencuat dalam daftar pencalonan pimpinan Kemenag Jatim.

Rommy juga disebut sebagai pemberi usul agar tersangka Haris Hasanudin masuk dalam bursa pencalonan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jatim. Dugaan tersebut disampaikan dalam sidang dakwaan Haris.