RS khusus coronavirus di Batam ditarget rampung sebulan

Pulau Galang, Batam, dinilai berada di lokasi strategis untuk melakukan observasi pasien coronavirus.

Petugas medis mengecek peralatan kesehatan saat berada di ruangan isolasi Rumah Sakit Zainal Umum Zainal Abidin yang jadi RS rujukan coronavirus, Banda Aceh, Aceh, Rabu (4/3/2020). Foto Antara/Ampelsa.

Pemerintah berencana menjadikan fasilitas kesehatan yang pernah digunakan pengungsi Vietnam di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, sebagai rumah sakit khusus untuk menangani kasus-kasus coronavirus. Renovasi ditargetkan dapat selesai dalam waktu satu bulan.

"Kami akan bicarakan situasi di sini kayak apa. Mudah-mudahan dalam waktu sebulan bisa selesai," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono usai meninjau lokasi tersebut bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Rabu (4/3).

Dia menegaskan, pemerintah tidak membangun rumah sakit baru, melainkan merenovasi bangunan yang sudah ada. Fasilitas kesehatan yang ada di Pulau Galang, juga sempat berfungsi sebagai rumah sakit untuk menangani "manusia perahu" yang merupakan para pengungsi asal Vietnam.

Menurut Basuki, pemerintah belum memutuskan waktu renovasi fasilitas kesehatan tersebut. Kunjungan dia dan Panglima TNI ke lokasi tersebut, dilakukan sebagai pertimbangan orientasi lapangan.

"Ini baru akan kami rencanakan. Ini masih melihat ya, kalau ada rumah sakit atau pelabuhan di sini, operasinya kayak apa, kondisi alamnya kayak apa. Mudah-mudahan bisa kita selesaikan semua," kata Basuki.