RSCM jadi pengampu rumah sakit daerah tangani diabetes

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menunjuk RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai pengampu untuk layanan diabetes.

Ilustrasi diabetes. Foto Pixabay.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menunjuk RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai pengampu rumah sakit-rumah sakit di daerah untuk layanan diabetes. 

“RSCM mendapat tugas sebagai pengampuan nasional untuk diabetes karena diabetes adalah mother of all disease. Jadi kalau sudah kena diabetes itu bisa berpengaruh ke penyakit lain seperti ginjal, penyakit jantung, dan stroke,” ujar Budi dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (15/7).

Menurut Budi, RSCM bertugas memastikan bisa menyusun jaringan layanan mulai dari yang paling bawah di level puskesmas sampai ke paling tinggi di level rumah sakit. Targetnya yaitu mengurangi kematian masyarakat Indonesia dari diabetes.

Untuk meningkatkan kapasitas sebagai rumah sakit pengampu layanan diabetes, RSCM menjalin kerja sama dengan Joslin Diabetes Center Amerika.

Plt. Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti mengatakan saat ini RSCM diminta untuk bisa melayani diabetes pada pasien-pasien secara terintegratif. Menurutnya, kerja sama dengan Joslin Diabetes Center Amerika dilakukan guna membantu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di RSCM agar mampu mengampu rumah sakit-rumah sakit lain di daerah untuk pelayanan diabetes.