RSPI pulangkan satu pasien isolasi coronavirus

Pasien yang telah diisolasi selama satu minggu itu dinyatakan negatif coronavirus.

Petugas memarkir mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Foto Antara/Sigid Kurniawan

Rumah Sakit Penyakit Infeksi atau RSPI Sulianti Saroso memulangkan satu orang pasien berstatus "dalam pengawasan" terkait coronavirus. Pemulangan pasien yang telah menjalani proses isolasi itu, dilakukan setelah hasil pemeriksaan menunjukkan ia negatif terinfeksi virus bernama COVID-19.

"Satu sudah pulang. Total sembilan orang yang saat ini masih dirawat di RSPI," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (9/3).

Menurutnya, pasien yang dipulangkan telah menjalani perawatan intensif di ruangan isolasi selama satu minggu. Dari dua kali pemeriksaan klinis, pasien tersebut dipastikan tidak terinfeksi coronavirus. 

"Pasien dinyatakan sehat dan aman kalau pemeriksaan klinis sudah dua kali dinyatakan negatif dan tidak ada keluhan apa-apa, tidak ada penyakit lain yang menunjukkan gejala COVID-19 berarti pasien sudah aman untuk dipulangkan," kata Dyani menjelaskan.

Meski demikian, dia mengaku tak dapat memastikan pasien tersebut tidak akan terinfeksi coronavirus setelah keluar dari RSPI. Menurutnya, hal ini lantaran belum ada kasus serupa yang ditangani rumah sakit tersebut.