Satgas Pangan Polri antisipasi Ramadan dan Idulfitri

Untuk membantu pemerintah mengendalikan harga dan menjamin pasokan pangan menjelang Ramadan dan Idulfitri.

Kasatgas Pangan Polri, Irjen Helmy Santika (kiri) dalam konpers di Bareskrim Polri (21/2/2022). Foto: Alinea.id/Immanuel Christian

Satgas Pangan Polri mengirimkan surat telegram dengan isi petunjuk, arahan, dan perintah. Surat Telegram dikirimkan ke wilayah jajaran dalam rangka mengantisipasi stabilitas harga dan pasokan pangan menjelang Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika mengatakan, ada empat poin dalam surat telegram sebagai upaya ketersediaan sejumlah komoditas yang biasanya mengalami kenaikan jelang Ramadan dan Idulfitri. Komoditas tersebut antara lain bawang merah, bawang putih, gula, cabai, terigu, daging, juga minyak goreng.

“Satgas Pangan saat sedang fokus untuk mendukung pemerintah dalam upaya ketersediaan sejumlah komoditas yang biasanya mengalami kenaikan jelang Ramadan dan Idulfitri,” kata Helmy dalam keterangan kepada Alinea.id, Sabtu (26/3).

Helmy menyampaikan, poin pertama ialah setiap jajaran diminta untuk melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dengan kebijakan dan langkah pemerintah, guna stabilisasi harga bahan pokok. Kemudian, membuat tim monitoring dan langsung melakukan pengecekan ke lapangan terkait kondisi bahan pangan pokok.

Untuk poin ketiga, satgas diminta tidak jemu-jemu dalam melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada para pelaku usaha. Imbauan tersebut untuk tidak mengurangi produksi dan distribusi, menahan stok dan bahkan melakukan penimbunan bahan pangan pokok.