Satgas: Pembentukan posko desa perkuat penanganan Covid-19

Posko akan menjadi lokasi atau tempat yang menjadi pusat komando operasi penanganan coronavirus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden.

Satuan Tugas Penanganan atau Satgas Covid-19 akan memperkuat pos komando penanganan pandemi di tingkat daerah. Langkah ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi menginstruksikan, penanganan Covid-19 dilakukan hingga ke level mikro. Tingkatan terkecil ini seperti tingkatan RT, RW, desa, kampung, banjar atau nagari yang tersebar di desa dan kelurahan se-Indonesia.

"Hal ini bentuk upaya penguatan penanganan Covid-19 oleh pusat dan daerah yang terdesentralisasi hingga tingkat mikro, melalui posko di tingkat desa atau kelurahan," kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam keterangan pers, di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (03/02).

Satgas Penanganan Covid-19 di pusat bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan kementerian/lembaga terkait, akan memimpin koordinasi rutin seluruh posko secara nasional. Posko akan menjadi lokasi atau tempat yang menjadi pusat komando operasi penanganan coronavirus.

Wiku mengatakan, pukul 14.00 sampai 16.00 tadi, rapat koordinasi telah digelar Satgas Covid-19 dengan seluruh kepala desa dan lurah seluruh Indonesia. Selain itu, pejabat dari Kementerian dan Lembaga terkait mengenai pelaksanaan Desa Tangguh Covid-19 dan pembentukan Posko Tangguh Covid-19 di tingkat kelurahan atau desa dan tingkat kecamatan juga ikut terlibat.