SBY: Jokowi apa-apa tunjuk Luhut, saya tidak heran!

JK menganologikan Luhut seperti kunci Inggris, yang bisa diandalkan untuk memperbaiki banyak hal.

SBY dan Luhut. Foto: detikcom/Samuel Gading

Dua tokoh negara, Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla sama-sama mengomentari Luhut Bisar Pandjaitan yang selalu diandalkan Presiden Jokowi untuk memikul berbagai penugasan.

Bagi SBY, yang merupakan presiden ke-6 RI, sikap Jokowi yang selalu menunjuk Menko Maritim dan Investasi itu menangani berbagai kepentingan lain, adalah hal yang lumrah.

"Banyak yang bertanya ini Pak Jokowi apa apa ke Pak Luhut, itu suara di luar. Kalau saya tidak kaget. Seorang presiden, saya pernah presiden juga, pasti mencari orang yang cakap dan bisa melaksanakan tugas. Tidak mungkin menugasi seseorang yang enggak meyakinkan, karena kepercayaan dari Pak Jokowi ke Pak Luhut menurut saya itu lah modal dan saya harus mengatakan dengan jujur seperti itu," ujar SBY saat memberikan kesan-kesannya di acara ulang tahun ke-76 Luhut di Sopo Del Tower Kuningan, Jakarta Kamis (28/9/2023).  

Jusuf Kalla, yang juga pernah menjadi wakil presiden di era SBY dan di periode pertama pemerintahan Jokowi, mengatakan hal serupa. Menurutnya, Luhut memang orang yang kompeten untuk diandalkan.

“Banyak yang ragu sama Bapak Luhut. Bagaimana Pak Luhut mengurus ekonomi.Ya dia bekas Mendag, jadi mengerti bagaimana masalahnya perdagangan itu,” kata Jusuf Kalla.