Banyak masyarakat hendak berlayar, pemilik kapal diminta cek kapal

Jumlah penumpang yang hendak berlayar ke Kepulauan Seribu mencapai 5.000 orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya menyapa sejumlah pemudik di Pelabuhan Sumenep./Antara Foto

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi ke Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta. Menhub Budi memastikan manajemen pelayanan dan keselamatan pelayaran rakyat di pelabuhan tersebut berjalan dengan baik pada libur lebaran. 

Dalam sidaknya, Menhub memeriksa sejumlah kelengkapan dari kapal seperti: surat-surat, alat-alat keselamatan di dalam kapal, surat nakhoda dan awak kapal. Plus, kesesuaian data manifes kapal. 

Menhub menyoroti daftar manifes penumpang dan sistem ticketing kapal dalam sidaknya. Ia mengingatkan kapal tidak boleh memberangkatkan penumpang yang tidak masuk dalam manifes, sebab daftar manifes akan dicocokkan dengan kemampuan kapal.

“Ini adalah prosedur baku, saya minta kepada kepala pelabuhan dan petugas melakukan proses manifes dan mengecek di kapal. Ada manifes, tetapi tidak dicek di kapal juga salah. Ini yang sering terjadi, bisa saja jumlahnya bertambah," terang Menhub Budi pada Jumat (7/6). 

Sebelum kapal diberangkatkan, koordinasi dengan stakeholder yakni: Kepolisian dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub mesti dilakukan secara konsisten.