Sebelum ke Jakarta, pesawat TNI dari China disemprot disinfektan

Ini sesuai prosedur WHO. Guna meminimalisasi transmisi Covid-19 dari luar negeri (imported case).

Personel TNI AU menggunakan alat berat menurunkan bahan material yang akan digunakan untuk pembangunan RS Khusus Corona dari pesawat Hercules C-130 di Bandara Hang Nadim Batam, Kepri, Kamis (12/3/2020). Foto Antara/MN Kanwa

Semua bagian pesawat C-130 Hercules pengangkut alat kesehatan (alkes) dari China, disemprot disinfektan saat mendarat di Landasan Udara Raden Sadjad (Lanud RSA), Natuna Kepulauan Riau (Kepri). Prosedur serupa logistik yang dibawa.

Tak sekadar itu. Seluruh kru pun diisolasi. Untuk diobservasi kesehatannya.

"Kami harus menerapkan sejumlah prosedur. Berdasarkan protokol kesehatan dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)," kata Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Sus Muhammad Yuris, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (23/3).

Langkah tersebut untuk menghindari terjadinya penularan coronavirus baru (Covid-19) di Tanah Air. Khususnya, transmisi dari luar negeri (imported case).

Setelah menempuh perjalananan sekitar 27 jam, pesawat bernomor ekor A-1333 itu tiba di Lanud RSA Natuna, Minggu (22/3), pukul 09.26 WIB. Hercules terbang ke China pada Sabtu (21/3), pukul 06.55 WIB. Sempat berhenti di lima bandara untuk mengisi bahan bakar.