Sekjen ESDM ingatkan Pertamina tangani penyaluran BBM dengan baik selama libur Nataru

Ketersediaan stok BBM menjadi krusial lantaran tidak ada pembatasan mobilisasi kendaraan seperti tahun-tahun sebelumnya.

lustrasi. Foto REUTERS/Willy Kurniawan.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengingatkan agar distribusi BBM dan LPG dalam periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 dapat ditangani dengan baik.

Hal ini penting, mengingat tidak adanya pembatasan mobilisasi kendaraan seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga ketersediaan stok BBM menjadi krusial. Oleh karenanya, Rida mengingatkan Pertamina untuk dapat mengantisipasi hal tersebut.

"Jangan sampai kemudian secara stok cukup, tapi distribusinya sampai kepada yang membutuhkan itu tidak tertangani dengan baik. Tadi saya dengar tadi Pertamina berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik," kata Rida dalam keterangan resmi saat meninjau Terminal LPG Tanjung Sekong, Banten, Minggu (25/12).

Di sisi lain, ujar Rida, pemerintah memastikan pasokan BBM dan LPG nasional selama libur Nataru dalam kondisi aman. Pasokan serta stok LPG dan BBM dalam kondisi aman karena statusnya melebihi rata-rata batas aman.

"Dari sisi kondisi stok BBM maupun LPG seperti yang telah disampaikan Pertamina, secara umum dalam kondisi aman," ujar dia.