Seluruh siswa dan guru di Jabar dapat kartu perdana gratis

Pemprov Jabar kerja sama dengan Telkomsel dukung PJJ.

Gubernur Jawa Barat/Ridwan Kamil/Foto Antara.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bekerja sama dengan Telkomsel untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

Seluruh siswa dan guru SMA, SMK, dan SLB negeri dan swasta di Jabar bulan ini dapat mengakses kartu perdana gratis beserta kuota internet 10 GB.

Program ini rencananya mulai berjalan September hingga Desember 2020. Kuota gratis bulan pertama berlaku 30 hari dan dapat diperpanjang tiga bulan berikutnya untuk kuota 11 GB, dengan membayar Rp5.000 per siswa. 
 
Program ini berbeda dengan program Merdeka Belajar Jarak Jauh (MBJJ) pemerintah pusat. Namun, begitu program pusat bergulir nanti, nomor perdana MBJJ dapat didaftarkan pihak sekolah ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.  

“Di situasi perang (lawan Covi-19) saya apresiasi pihak yang turun tangan bukan lepas tangan,” kata Gubernur Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (2/9).

Ridwan Kamil mencatat bakal ada 3,25 juta keping mikrochip nomor perdana gratis yang sudah terisi 10 GB kuota internet dalam satu bulan pertama.