Sempat utang RS Polri Rp3 M, anggaran BP2MI ditambah

Penambahan anggaran akan dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan perlindungan, penempatan, dan pemberdayaan pekerja migran.

Alokasi anggaran untuk BP2MI pada 2023 dan 2024 ditambah hingga Rp214 miliar lantaran sempat berutang kepada RS Polri Rp3 M per tahun. Google Maps/hanif muttaqin

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mendapatkan penambahan anggaran pada tahun ini dan berikutnya. Jumlahnya mencapai Rp214 miliar.

"Alhamdulilah, kalau untuk tahun ini, kami baru saja minggu lalu, tanggal 21 Oktober, menerima tambahan anggaran Rp45 miliar. Tahun depan pun kami akan mendapat tambahan anggaran kurang lebih sekitar Rp169 miliar," ujar Sekretaris Utama (Sestama) BP2MI, Rinardi, usai pelantikan PPPK BP2MI, Kamis (26/10).

Ia mengungkapkan, arus kas BPMI lebih besar pasak daripada tiang. Akibatnya, berutang hingga Rp3 miliar kepada Rumah Sakit (RS) Polri saban tahun untuk perawatan pekerja migran yang sakit.

"Selama ini, BP2MI enggak punya uang untuk itu. Bahkan, setiap tahun kami selalu berutang Rp2 sampai Rp3 miliar di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, untuk membiayai orang orang PMI yang pulang dideportasi, yang kasus TPPO (tindak pidana perdagangan orang), yang mereka sakit," tuturnya.

Rinardi menambahkan, penambahan anggaran akan dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan perlindungan, penempatan, dan pemberdayaan pekerja migran. Pangkalnya, lebih besar pengeluarannya daripada dukungan sumber daya manusia (SDM).