Semua vaksin Covid-19 terbukti efektif dan aman

Semua vaksin yang beredar di Indonesia sudah dievaluasi efektivitas dan keamanannya oleh para ahli maupun lembaga resmi oleh BPOM.

Warga ikut vaksinasi persiapan ibadah haji. Foto dokumentasi Kemenkes

Semua vaksin Covid-19 yang digunakan Pemerintah Indonesia sudah terbukti efektif dan aman. Kini, kasus aktif Covid-19 di Indonesia pun terus mengalami penurunan. 

Berdasarkan Worldometers, total kasus aktif orang yang terinfeksi coronavirus di Tanah Air tercatat sebanyak 18.388 orang pada Senin (18/10). Jumlah itu menempatkan kasus aktif Covid-19 di Indonesia di peringkat ke-21 Asia, tepat berada di bawah Afghanistan yang memiliki 21.487 kasus aktif orang yang terinfeksi coronavirus.

Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan menganjurkan masyarakat Indonesia di Tanah Air tidak usah pilih-pilih merek vaksin Covid-19.

"Jadi begitu ada kesempatan vaksin, langsung vaksin, karena kan sebetulnya vaksinasi ini kita berkejaran dengan kita sudah dapat vaksin membentuk antibodi duluan atau kita kena Covid-19 duluan," kata Iwan Ariawan kepada wartawan, Senin (18/10).

Iwan mengatakan, risiko tertular Covid-19 saat ini masih lumayan tinggi.