Sah, 575 anggota DPR RI resmi dilantik

Dari 575 anggota dewan yang dilantik, beberapa di antaranya merupakan wajah lama di DPR seperti, Bambang Soesatyo dan Fadli Zon.

Suasana pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya pada pelantikan tersebut./Antara Foto

Sebanyak 575 DPR RI 2019-2024 resmi dilantik pagi ini, Selasa (1/10). Pelantikan digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sidang paripurna pelantikan anggota DPR 2019-2024 dipimpin oleh pimpinan sementara, Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dan Hillary Brigitta Lasut (anggota DPR termuda).

Pelantikan dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPR RI oleh Sekjen DPR Indra Iskandar. Kemudian, 575 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Nama-nama anggota dewan terpilih itu sebelumnya telah ditetapkan KPU pada 31 Agustus 2019. Namun, sejumlah nama yang telah ditetapkan KPU ditarik oleh partainya. 

Partai Gerindra misalnya menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain. Salah satunya adalah Wulansari alias Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI.