Singgung kasus Sudrajad Dimyati, TAMPAK: Kita tak percaya lembaga peradilan

Keraguan TAMPAK terhadap hakim yang bertugas di persidangan Ferdy Sambo dkk dipicu kasus suap penanganan perkara di MA.

Koordinator TAMPAK, Roberth Keytimu (tengah), memberikan keterangan kepada awak media di Gedung Komisi Yudisial (KY), Jakarta, pada Jumat (14/10/2022). Alinea.id/Gempita Surya

Tim Advokat Penegakan Hukum dan Keadilan (TAMPAK) meminta Komisi Yudisial (KY) mengawasi kinerja majelis hakim dalam memimpin persidangan kasus pembunuhan Brigadir J.

Koordinator TAMPAK, Roberth Keytimu, menuturkan, pihaknya meragukan independensi majelis hakim yang akan memimpin jalannya persidangan. Keraguan ini dipicu kasus suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai tersangka.

"Kita sebetulnya sudah tidak percaya lagi dengan lembaga-lembaga peradilan. Hakim-hakim yang kita lihat bersama, baru dua minggu yang lalu ditangkap, seorang Hakim Agung Sudrajad Dimyati," kata Roberth kepada wartawan di Kantor KY, Jakarta, Jumat (14/10).

Selain itu, keraguan terhadap independensi majelis hakim juga dipicu sejumlah intervensi dalam proses pengungkapan kasus pembunuhan berencana Brigadir J, mulai dari rekayasa peristiwa hingga adanya dugaan suap. 

"Karena itu, kita mencurigai jangan sampai permainan semacam ini dilakukan secara terus-menerus," ujar Roberth.