Siswa di Jakarta akan dapat tambahan kuota internet

Seharusnya, para siswa di ibu kota tidak kekurangan atau kesulitan kuota internet saat PJJ.

Seorang siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19 di Kota Pekanbaru, Riau. Foto Antara/Rony Muharrman

Kuota internet menjadi beban orang tua selama proses belajar online. Pemprov DKI, berencana akan menambah paket pulsa para siswa di Jakarta untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Anggota Komisi E DPRD DKI, Wa Ode Herlina mengungkapkan, saat ini para siswa di Jakarta menadapatkan kuota internet atau uang pulsa dari dua sumber. Yakni, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"Rencananya, akan ada penambahan lagi anggaran kuota internet untuk siswa di Jakarta. Besaranya, tidak sama antar siswa. Ada yang Rp100 ribu dan Rp150 ribu. Tapi, saya lupa berapa nominal pastinya, ini untuk menunjang PJJ" kata Wa Ode Herlina di Jakarta.

Jadi, menurut politikus PDIP itu, semestinya para siswa di ibu kota tidak kekurangan atau kesulitan kuota internet saat PJJ. "Ada BOS dan KJP. Ini rencananya, akan ditambah lagi untuk uang kuota internet," ucap dia. 

Seperti diketahui, Pemprov DKI tengah melakukan pembicaraan intensif dengan penyedia layanan telekomunikasi untuk pengadaan paket internet khusus pelajar di Jakarta yang melaksanakan kegiatan PJJ.