Situasi di Manokwari kondusif, tapi jalan masih diblokade

Aksi massa secara besar-besaran sudah tidak terjadi lantaran massa sudah menyampaikan aspirasinya.

Petugas kepolisian bersama warga membersihkan ban yang dibakar seusai aksi di Jl.Essau Sesa Manokwari, Papua Barat. Antara Foto

Setelah terjadi kerusuhan sejak Senin (19/8) pagi, situasi di Manokwari, Papua Barat, perlahan kondusif. Namun demikian, sejumlah ruas jalan masih diblokade oleh masyarakat. Demikian disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Dedi mengatakan, aksi massa secara besar-besaran sudah tidak terjadi lantaran massa sudah menyampaikan aspirasi dari kepada pemerintah kota. Selian itu, juga kepada Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf dan Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau.

“Secara umum sudah kembali (kondusif), tapi masih ada blokade jalan oleh massa,” kata Dedi saat dikonfrimasi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/8).

Dedi menuturkan, aparat keamanan saat ini masih mencoba melakukan negosiasi terhadap warga yang melakukan aksi pemblokiran jalan. Dalam upaya negosiasi tersebut, aparat keamanan juga menggandeng tokoh masyarakat setempat.

“Kami sudah berkomunikasi dengan tokoh masyarakat dan syukurnya mereka mengerti. Saat ini, komunikasi masih dilakukan sebagai bentuk negosiasi terhadap masyarakat yang memblokade jalan agar situasi di Monokwari benar-benar kondusif,” ucap Dedi.