Sederet skenario yang bisa menggagalkan Anies dapat tiket capres

Langkah Anies Bawesdan dalam pemilihan umum (Pemilu) Presiden 2024 diprediksi tak akan mulus.

Bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Bawesdan. Foto tangkapan layar Youtube Anies Baswedan.

Langkah bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Bawesdan dalam pemilihan umum (Pemilu) Presiden 2024 diprediksi tak akan mulus. Banyak pihak khawatir mantan Gubernur DKI Jakarta itu kalah bahkan sebelum kampanye dimulai.

Analisis LSI Denny JA, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan Anies gagal mendapatkan tiket Pemilu 2024. Hal itu dipengaruhi terganggunya partai-partai pengusung, yaitu Partai Demokrat dan Partai Nasdem. 

Salah satu yang diramal akan 'menjegal' Anies adalah ketuk palu Mahkamah Agung (MA). Diketahui, Mei 2023 lalu, Partai Demokrat versi Moeldoko mengajukan empat bukti baru ke MA agar kepengurusannya disahkan. 

Jika Demokrat versi Moeldoko yang disahkan, besar kemungkinan Partai Demokrat tak mendukung Anies Baswedan menjadi Capres 2024.

"Berganti pimpinan yang sah di Partai Demokrat, berganti pula calon presiden yang diajukan," tulis riset tersebut, dikutip Selasa (6/6).