Soal Andre jebak PSK, NasDem dorong polisi jelaskan kronologi

Andre berpotensi berurusan dengan Mahkamah Kehormatan Dewan.

Politikus Gerindra Andre Rosiade (kanan) berbincang sebelum rapat Panja terkait Asuransi Jiwasraya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/1/2020)/Foto Antara/Galih Pradipta.

Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari menilai politikus Gerindra Andre Rosiade menyalahi etika sebagai anggota dewan bila benar menjebak Pekerja Seks Komersial (PSK) berinisial NN, untuk kemudian ditangkap.

"Di dalam kita melakukan satu tugas sebagai wakil rakyat, kita terikat dengan etika-etika. Salah satu etika yang menurut saya penting adalah, pertama kita harus bertindak sesuai dengan aturan itu," ujar politikus NasDem ini, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/2).

Bila penjebakan ini benar adanya maka Andre berpotensi berurusan dengan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI.

"Nah terkait dengan peristiwa yang terjadi ini, apabila benar sebagaimana pengakuan dari NN, maka jika ada pihak yang merasa dirugikan sebenarnya terbuka untuk pengaduan ke MKD dari sisi internal DPR," jelas Taufik.

Sejatinya, sambung Taufik, Andre sebagai anggota dewan harus menjalankan tugas-tugasnya dalam koridor nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu, ia mendorong agar masalah ini segera diklarifikasi secara jelas.