Soal bencana, Megawati sebut Indonesia perlu belajar dari Jepang

ketenangan orang Jepang saat bencana karena sistem peringatan dini dan pendidikan kebencanaan di Jepang sangat bagus

Kondisi Indonesia yang berada di kawasan cincin api (ring of fire) dan samudera yang rawan bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, hingga tsunami disebut sama seperti negara Jepang. Meski sama-sama rawan terjadi bencana alam, namun soal penanganannya Indonesia masih jauh tertinggal lanataran belum siap menghadapi bencana. 

Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Presiden yang juga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, saat melepas relawan dari partai bermoncong putih itu ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, di Jakarta, Senin, (8/10).

Menurut Presiden RI kelima itu, Jepang memiliki persiapan lebih baik dari Indonesia dalam kebijakan penanganan bencana alam. Meski demikian, pihaknya sewaktu menjabat sebagai presiden terus berusaha memperbaiki manajemen kebencanaan di Indonesia. 

“Hanya levelnya belum bisa menyamai seperti negara Jepang,” katanya.

Dalam acara pelepasan bantuan tahap kedua untuk korban bencana Sulawesi Tengah di DPP PDI Perjuangan, Megawati tak lupa menceritakan sejumlah pengalaman dan pengetahuannya tentang penanganan bencana di Jepang.