Strategi Erick Thohir perkuat ketahanan kesehatan dalam negeri

Terkait kerja sama dengan ProFactor, Indonesia nantinya akan menjadi hub produksi vaksin dunia untuk kawasan Asia dan dan Afrika.

Strategi Erick Thohir perkuat ketahanan kesehatan dalam negeri. Foto dokumentasi FMB 9.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, selain pentingnya ketahanan pangan dan energi, saat ini ketahanan kesehatan juga menjadi tameng utama bagi Indonesia untuk bisa bertahan di kondisi global yang penuh ketidakpastian. Indonesia harus mandiri dan berdaulat, salah satunya dengan mulai memproduksi sendiri vaksin IndoVac.

“Kita bisa mulai memproduksi vaksin IndoVac, ini baru langkah awal. Kami mendorong kerja sama-kerja sama serupa,” kata Erick dalam sambutannya di acara Peluncuran dan Penyuntikan Perdana Vaksin IndoVac, Bandung, Kamis (13/10).

Kerja sama ini dikatakan oleh Erick merupakan kerja sama dalam Research and Development (RnD) atau penelitian dan pengembangan bersama terkait produk yang akan dibuat. Sedangkan lisensi dan merek dagang vaksin IndoVac merupakan milik Indonesia sendiri.

“Kita kerja sama RnD nya, tapi tentu lisensinya, mereknya punya kita, dan memproduksi di kita,” tambah Erick.

Adanya kerja sama ini menurutnya sebagai upaya Indonesia untuk selangkah lebih maju dalam menghadapi jika terjadi pandemi-pandemi lainnya di masa mendatang. Vaksin IndoVac merupakan produksi PT Biofarma yang bekerja sama dengan Baylor College of Medicine (BCM), Amerika Serikat (AS).