Susi Pudjiastuti terpopuler di Twitter

Susi Pudjiastuti menempati urutan pertama dengan jumlah percakapan sebesar 653.052 cuitan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menunjukkan barang bukti benih lobster yang berhasil diamankan saat memberikan keterangan pers di Kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam, Kepulauan Riau, Senin (15/7)./AntaraFoto

Riset yang dilakukan Indonesia Indicator menyebutkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi menteri terpegah (terpopular) di media sosial Twitter.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, di Jakarta, Sabtu, mengatakan, Indonesia Indicator telah melakukan pemantauan terhadap seluruh aktivitas netizen (warganet) terkait perbicangan mengenai menteri-menteri Kabinet Jokowi-Jusuf Kalla di semester pertama 2019, mulai 1 Januari 2019 hingga 25 Juli 2019, dengan total jumlah percakapan sebesar 2.989.714 percakapan.

"Susi Pudjiastuti menempati urutan pertama dengan jumlah percakapan sebesar 653.052 cuitan," kata Rustika.

Percakapan itu berasal dari berbagai isu kebijakan terkait perikanan, sikap Susi yang sering dibela warga netizen Twitter, hingga sikap personal Susi yang menarik hati dan memberi inspirasi.

Hal ini dilihat dari emosi yang ditujukan pada percakapan Susi didominasi oleh emosi Trust (mendukung), Anticipation (harapan, saran, masukan, ajakan mendukung, dsb), dan Joy. Adapun jumlah netizen yang merespons Susi sebesar 128.241 akun manusia.