Tanpa alasan, Wakapolda Jabar mundur dari capim KPK

Ada empat calon pimpinan KPK yang dinyatakan gagal lolos seleksi uji kompetensi.

Suasana tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jaksel. Antara Foto

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, mundur dari kandidat calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tak diketahui alasan Akhmad Wiyagus memilih mundur menjadi pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

Ketua panitia seleksi calon pimpinan KPK, Yenti Garnasih, mengatakan ada empat calon pimpinan KPK yang dinyatakan gagal lolos seleksi uji kompetensi. Rinciannya, satu kandidat datang terlambat, dua kandidat tak hadir, dan seorang mengundurkan diri.

“Kami tidak tahu alasan dari Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus mengundurkan diri. Kita belum membahas alasannya,” kata Yenti saat ditemui di kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Kamis, (18/7). 

Yenti lebih lanjut mengatakan, sampai saat ini dari 192 nama capim KPK yang terdaftar, ada empat orang yang tidak masuk ke tahap seleksi berikutnya. “Empat itu kan, satu Pak Wiyagus, tiga orang itu belum lihat namanya siapa," ucapnya. 

Menurut Yenti, pihaknya tidak menoleransi kandidat yang terlambat datang melebihi 30 menit setelah tes dimulai, yakni pukul 08.00 WIB.