Tantangan Anies dukung UMKM di tengah pandemi

UMKM selama ini menjadi sektor penopang perekonomian ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjawab wartawan sebelum pandemi Covid-19/Foto Alinea.id/Fadli Mubarok.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang cukup terdampak Covid-19.

Untuk itu, pihaknya akan menampung masukan dan memberikan paket kebijakan sebagai solusi untuk membuat sektor UMKM di Jakarta kembali menggeliat.

"Saya rasa perlu banyak kita mendengar dari para pelaku usaha tentang terobosan yang dibutuhan situasi krisis kita hadapi saat ini, agak berbeda dari yang pernah kita alami sebelumnya," kata Anies dalam Diskusi virtual Koordinatoriat Wartawan Balai Kota dengan tajuk 'Optimalisasi Kredit Usaha Mikro Untuk Pulihkan Ekonomi Jakarta', di Jakarta, Rabu (22/7).

Anies menjelaskan, UMKM selama ini menjadi sektor penopang perekonomian di ibu kota. Karenanya, melalui diskusi tersebut Gubernur Anies berharap munculnya solusi jangka panjang dan menengah.

"Tantangan kita pada saat ini bagaimana kita bisa memberikan paket-paket kebijakan, termasuk akses kepada fasilitas kegiatan usaha. Mulai dari fasilitas kredit sampai pasar yang membuat mereka tumbuh berkembang," ujarnya.