Tekan kasus positif, DPR apresiasi penanganan Covid-19

Meski kini relatif lebih baik, masyarakat diharapkan tetap waspada karena pandemi belum berakhir. Virus pun terus bermutasi.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP, Abidin Fikri. Dokumentasi DPR

Anggota Komisi IX DPR, Abidin Fikri, mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam menangani Covid-19. Mayoritas daerah kini dalam kategori zona kuning atau tingkat penularan rendah.  

"Harus kita apresiasi penanganan Covid-19 sekarang. Kita juga mendapatkan apresiasi dari WHO dan lain sebagainya. Secara garis besar, penanganan Covid-19 sudah bisa dikatakan menurunkan kasus," katanya Kamis (23/9).

Dirinya turut mengapresiasi capaian program vaksinasi. Per kemarin, sebanyak 83.248.128 orang mendapatkan dosis pertama, 46.980.347 menerima dosis lengkap, dan 878.587 tenaga kesehatan disuntikkan dosis ketiga (booster).

Menurut Abidin, capaian tersebut tidak lepas dari kerja keras pemerintah, komponen masyarakat, TNI/Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Daerah-daerah melalui prakarsa kepala daerah yang terus mengawasi secara cermat pelaksanaan vaksinasi itu menunjukkan indikator bahwa masyarakat sudah bisa mencapai percepatan yang luar biasa," tuturnya.