Tekan polusi udara, Menhub ajak warga beralih ke kendaraan listrik

Dalam beberapa hari terakhir, kualitas udara Ibu Kota Jakarta terus memburuk.

Menhub saat mengikuti Fun Ride yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepada Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Minggu (13/8/2023). Foto Kemenhub

Kementerian Perhubungan mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik agar tercipta kualitas udara yang baik, khususnya di wilayah perkotaan seperti DKI Jakarta. Dalam beberapa hari terakhir, kualitas udara Ibu Kota Jakarta terus memburuk.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan, bahwa kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50%. Saat ini masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal setelah pandemi Covid-19 masuk fase endemi. 

"Kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," ujar Budi Karya saat mengikuti Fun Ride oleh Asosiasi Industri Sepada Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Minggu (13/8).

Saat ini, kata Menhub, pemerintah tengah mengakselerasi industri sepeda motor listrik, baik kendaraan baru maupun konversi. Untuk menjaga keselamatan motor listrik hasil konversi, Kemenhub menerbitkan Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. 

Kebijakan ini, kata Budi Karya, merupakan bagian dari upaya percepatan peningkatan ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi. "Kalau motor listrik baru, itu bagus. Tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor BBM yang ada dan jumlahnya sangat banyak," sebut Budi.