Telan Rp96,5 miliar, pembangunan Kapal Penyeberangan Bahtera Nusantara rampung

Kapal Penyeberangan Bahtera Nusantara diyakini mampu meningkatkan layanan penyeberangan penumpang maupun barang di Kepulauan Riau.

Foto dokumentasi Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelesaikan pembangunan Kapal Penyeberangan Bahtera Nusantara 3. Setelah rampung, diharapkan bisa meningkatkan layanan penyeberangan penumpang maupun barang di Kepulauan Riau.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya menghadirkan kapal Roro yang akan melayani rute Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Uban dan Tambelan di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) hingga ke Sintete di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini.

“Pembangunan kapal ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah dan antar pulau untuk mempersatukan Indonesia, yang akan menghubungkan antara Kepri dengan Kalimantan,” katanya dalam keterangan, Sabtu (4/2).

Budi menyebut, kehadiran kapal ini akan menambah layanan kapal penyeberangan yang melayani rute Tanjung Uban-Tambelan-Sintete. Sebelumnya, hanya ada satu kapal dan kini menjadi dua kapal.

"Sehingga akan mempercepat frekuensi kedatangan kapal dari sebelumnya memakan waktu dua minggu dalam satu kali trip, kini menjadi satu minggu dalam satu kali trip," ujar Budi.