Temui korban gempa Sulbar, Jokowi janji beri bantuan Rp50 hingga Rp10 juta

Presiden Jokowi temui pengungsi korban gempa bumi di Stadion Manakarra.

Presiden Joko Widodo tiba di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/2/21)/Foto BNPB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui pengungsi korban gempa bumi di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/1). Presiden ingin memastikan langsung bahwa evakuasi dan pertolongan yang diberikan kepada warga terdampak telah berjalan dengan baik.

“Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini,” ujar Jokowi di lokasi.

Stadion Manakarra telah dialihfungsikan sebagai tempat pengungsian bagi warga terdampak gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Majene-Mamuju, pada Jumat (15/1). Di sana, sejumlah tenda darurat didirikan untuk menampung warga, tetapi diupayakan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Mantan Wali Kota Solo itu memastikan pemerintah pusat akan memberikan bantuan dengan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh, agar pelayanan publik dapat berjalan.

“Tadi saya sudah sampaikan ke gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali,” tutur Jokowi.