Menkes minta tenaga kesehatan fokus tangani korban gempa Cianjur

Budi meminta nakes bekerja maksimal untuk memberikan perawatan kepada korban, sehingga tidak ada lagi korban luka yang meninggal dunia.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Dokumentasi Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menginstruksikan agar para tenaga kesehatan (nakes) berfokus melakukan penanganan intensif kepada korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Budi meminta nakes bekerja maksimal untuk memberikan perawatan kepada korban, sehingga tidak ada lagi korban luka yang meninggal dunia.

"Saya minta ke teman-teman tenaga kesehatan, fokusnya ke orang yang sakitnya berat jangan sampai meninggal. Kemudian orang yang sakitnya ringan agar cepat sembuh, konsentrasi ke sana," kata Budi dalam keterangannya usai meninjau RSUD Sayang, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11).

Disampaikan Budi, pihaknya telah melakukan identifikasi tingkat keparahan korban yang dirawat di RSUD Sayang Cianjur. Saat ini, ujarnya, pasien yang terdata mencapai 474 orang, di mana 140 pasien di antaranya telah dirujuk ke sejumlah rumah sakit daerah terdekat seperti di Sukabumi, Bogor, hingga Bandung.

Sementara, sekitar 300 lebih pasien lainnya dirawat di Cianjur. Dalam kunjungannya, Budi turut meninjau kesiapan dan kelengkapan fasilitas pelayanan yang ada, serta tenaga kesehatan yang melakukan penanganan. Budi menyebut dokter-dokter sudah berdatangan, termasuk dokter ortopedi yang menangani korban-korban patah tulang.