Bicara di WHO, Terawan: Penanganan Covid-19 dilakukan secara multisektoral

Terawan membahas tindak lanjut IAR di WHO secara daring bersama menkes dari Afrika Selatan dan Thailand secara daring, Jumat (6/11).

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, berkunjung ke RS Mitra Keluarga, Kota Depok, Jabar, Senin (2/3/2020), terkait adanya 76 tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Alinea.id/Ardiansyah Fadli

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, bersama dengan menkes dari Afrika Selatan dan Thailand secara virtual menghadiri pengarahan yang diselenggarakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (6/11).

Pengarahan tersebut turut diikuti Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Mereka membahas mengenai tindak lanjut dari intra-action review (IAR) tentang respons Covid-19 di masing-masing negara.

Dalam sambutannya, Terawan mengapresiasi dukungan WHO kepada Indonesia dalam pelaksanaan IAR yang diselenggarakan pada 11-14 Agustus. Menurutnya, IAR merupakan tindak lanjut dari rekomendasi yang diberikan dalam Rapat Komite Darurat Covid-19 pada Juli.

Dia mengakui tidak mudah menghadirkan perwakilan dari 138 pemangku kepentingan multisektor untuk meninjau upaya respons Covid-19 di Indonesia.

"Namun, hal ini dapat berjalan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan koordinasi dengan Kepala Satgas Covid-19, Luhut Binsar Pandjaitan, perwakilan Kementerian Kesehatan, pemerintah provinsi dan kabupaten, organisasi internasional, TNI dan Polri, serta pihak-pihak lainnya yang terlibat secara aktif dan berkontribusi pada seluruh proses IAR," sebut Terawan.