Tercapai, target Jokowi soal vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Presiden Jokowi menargetkan sebanyak 100.000 orang divaksin di Jakarta per harinya.

Ilustrasi. Pixabay

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harian di DKI Jakarta mencapai 100.00-an per hari, sebagaimana target Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti pada Kamis (17/6), misalnya, sebanyak 102.548 dari 107.651 pendaftar telah divaksin.

"Alhamdulillah, mulai kemarin angka (100.000 per hari) ini sudah tercapai. Namun, tugas kita sekarang adalah mempertahankan angka itu secara konsisten dan bahkan terus meningkatkannya," ujar Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota, Jumat (18/6).

Vaksinasi tersebut diikuti masyarakat yang memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) Jakarta ataupun luar daerah. Program itu dilaksanakan berbasis komunitas seperti RT/RW, apartemen, asosiasi, hingga panti khusus kelompok disabilitas; tempat kerja; serta pusat keramaian macam mal, pasar tradisional, bandara, terminal, dan stasiun.

Anies melanjutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta bersama Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya membentuk Gugus Tugas Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi dengan posko di Balai Kota. "Vaksinasi dipantau secara real time dan dilakukan evaluasi seminggu dua kali untuk memperoleh umpan balik pelaksanaan di lapangan dan dilakukan perbaikan jika diperlukan."

Warga dapat langsung ke tempat vaksinasi. Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, sebaiknya disarankan mendaftar secara daring via aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi.