Terduga teroris di Blitar berprofesi sebagai dokter

Polisi mengamankan lima orang terduga terorisme di Blitar. Satu diantaranya adalah dokter yang membuka praktik di rumahnya.

Salah satu terduga teroris di Blitar berprofesi sebagai seorang dokter./Antara Foto

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri kembali mengamankan dua orang teroris, dari sebelumnya tiga terkait dengan keterlibatan dalam jaringan terorisme di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Penangkapan lima orang terduga teroris dilakukan malam Rabu (13/6). 

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M. Ridha di Blitar menjelaskan, Rabu Malam di Kabupaten Blitar telah dilakukan penangkapan lima orang terduga terkait jaringan terorisme. Mereka sudah dibawa ke Surabaya untuk pemeriksaan dan pendalaman oleh tim penyidik Mabes Polri

Ia mengatakan tim Densus mengamankan kelimanya di tiga titik berbeda, pada Rabu (13/6) malam. Tiga orang di Kelurahan atau Kecamatan Talun, satu orang di Kecamatan Gandusari, dan satu lagi di Kecamatan Wlingi.

Untuk di Talun, mereka berinisial NH, SZ dan An. NH merupakan seorang dokter umum yang membuka praktik pengobatan di rumah yang dikontraknya. 

Tim Densus 88 juga langsung melakukan penggeledahan di rumah para terduga teroris tersebut. Untuk lokasi di Talun, tim menyita sejumlah barang bukti berupa satu pucuk senjata api dari pabrik dengan delapan butir peluru, serta beberapa buku yang terkait dengan seruan jihad dan pemahaman radikal.