Terduga teroris di Magetan berperan penting di perkebunan sawit JI

Terduga teroris yang ditangkap di Magetan memiliki peranan penting di kebun kelapa sawit milik JI. Kebun sawit itu jadi sumber keuangan JI.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Alinea.id/Ayu Mumpuni

Densus 88 Antiteror Mabes Polri kembali melakukan penangkapan terhadap anggota kelompok teroris Al Jamaah Al Islamiyah atau lebih dikenal Jamaah Islamiyah (JI). Penangkapan dilakukan di daerah Magetan, Jawa Timur.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan, polisi masih mendalami terduga teroris yang ditangkap. Identitas para terduga teroris yang ditangkap belum dapat diungkap.

“Penangkapan berkaitan dengan lima tersangka kelompok JI yang sebelumnya tertangkap di Bogor. Saat ini masih kita dalami untuk mengetahui peranannya,” kata Dedi di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, Kamis (4/7).

Menurutnya, terduga teroris yang ditangkap di Magetan memiliki kaitan dengan kebun kelapa sawit yang menjadi sumber penghasilan kelompok JI. Ia pun memiliki peran penting di JI.

“Salah satu yang ditangkap di Magetan ini memiliki peranan penting di JI, nanti kita sampaikan kalau sudah selesai,” tutur Dedi.