Tes CPNS, KemenPAN-RB ingatkan jangan percaya oknum janjikan kelulusan

Hati-hati penipuan, KemenPAN-RB sebut tes CPNS tidak dipungut biaya.

Sejumlah peserta mengikuti SKB menggunakan sistem CAT CPNS di Gedung Serbaguna Balai Kota Tasikmalaya, Jabar, sebelum pandemi/Foto Antara/Adeng Bustomi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengingatkan peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan kelulusan.

Menurut Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PAN-RB Sri Rejeki Nawangsasih, pelaksanaan seleksi CASN dilakukan dengan mengedepankan sistem yang terbuka dan akuntabel.

Dia menyampaikan, panitia tidak memungut biaya untuk peserta seleksi CASN. "Sistem transparansi terus dikembangkan dalam seleksi CASN. Panitia juga tidak menghubungi peserta. Kalau sifatnya pembiayaan atau yang meminta sejumlah uang tertentu patut diduga penipuan," ujar Sri dalam keterangannya, Senin (13/9).

Sebanyak 198 peserta terdaftar untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian PANRB. Namun ada beberapa peserta yang tidak mengikuti SKD karena tidak hadir ataupun karena tidak memenuhi persyaratan yang diwajibkan.

Sri menjelaskan, pada tahapan SKD CPNS Kementerian PANRB ini, ada beberapa peserta yang tidak membawa hasil swab RT PCR maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam. Salah satu peserta mengaku tidak teliti membaca persyaratan tersebut.