Tiga terduga pembunuh aktivis Papua ditangkap

Semua pelaku diduga merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang secara aktif menyebarkan propaganda negatif di sosmed.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo. Foto: tribratanews.polri.go.id/

Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz 2023 menangkap tiga terduga pelaku pembunuhan Aktivis Perempuan Papua, Michelle Kurisi Doga.

Michelle Kurisi Doga, seorang pejuang hak-hak perempuan Papua, telah menjadi suara yang aktif dalam memperjuangkan isu-isu Papua melalui platform media sosial, terutama melalui acara live di YouTube.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, penangkapan dilakukan pada 5 Oktober 2023, yakni PM di Jayawijaya, AW di Jayapura, dan RK alias RM di Tolikara. Total terduga pelaku diperkirakan berjumlah tujuh orang.

"Pembunuhan ini sadis dan kejam. Bagaimana beberapa orang laki-laki bisa melakukan tindakan seperti ini terhadap perempuan. Bahkan merekamnya dan menyebarkannya," katanya dalam keterangan, Senin (9/10).

Berdasarkan hasil penyelidikan awal, kata Benny, pelaku diduga merupakan pembunuhan berencana. Tindakan ini dilakukan oleh tujuh terduga pelaku yang memiliki inisial PM, AW, RK, KW (DPO), JW (DPO), DW (DPO), dan K (DPO).