Andreas Hugo: Tjahjo Kumolo sosok politikus sejati yang berjuang dari bawah

Kepergian Tjahjo Kumolo meninggalkan kenangan perjuangan politisi yang bergumul dari bawah sampai pada puncak karir sebagai menteri.

Prosesi pemakaman Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Foto tangkapan layar Kompas TV

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira menilai, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, merupakan sosok politikus sejati yang berjuang dari bawah. Menurut Andreas, kepergian Tjahjo Kumolo meninggalkan kenangan perjuangan politisi yang bergumul dari bawah sampai pada puncak karir sebagai menteri.

"Mas Tjahjo telah pergi meninggalkan kenangan perjuangan politisi yang bergumul dari bawah sampai pada puncak karir sebagai menteri," kata Andreas kepada Alinea.id, Jumat (1/7).

Bagi Andreas, Tjahjo Kumolo merupakan tipologi politikus karir yang memahami dan menghayati politik sebagai profesi. Politik bagi seorang Tjahjo Kumolo adalah jalan pengabdiannya untuk bangsa dan negara yang dicintai. 

"Selamat Mas Tjahjo, semoga jalanmu menuju ke keabadian surgawi," ungkap politikus asal NTT ini.

Selain politikus sejati, Tjahjo juga merupakan salah satu pejabat pejabat publik yang dekat dengan media. Bagi dia, semasa hidupnya, Tjahjo Kumolo sangat cepat merespons media massa.