TNI-Polri gelar apel antisipasi unras penolakan UU Ciptaker

Nana Sudjana menegaskan, ingin menjamin keamanan dan ketertiban di Jakarta.

Foto ilustasi pengamanan demonstrasi/Foto Antara.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana bersama Pangdam Jaya, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan apel gabungan. Hal tersebut, untuk menjamin situasi dan kondisi Jakarta aman.

Apel gubung juga guna mengantisipasi kembali adanya demontsrasi Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang dilakukan hari ini, Senin 12 Oktober dan Selasa 13 Oktober 2020 besok.

"Kami ingin menjamin keamanan ketertiban di Jakarta. Sudah kami evaluasi dan persiapan dalam menghadapi permasalahan yang ada," kata Nana di kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, (12/10).

Nana menjelaskan, demonstrasi dijamin UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Namun, ketika peserta aksi berbuat anarkis maka aparat akan menindak tegas. 

Selain itu, Nana mengaku, bersama Kodam Jaya serta Pemprov DKI telah melakukan simulasi pengamanan atau Tactical Floor Game (TFG) juga. Simulasi pengamanan ini dilakukan buntut kerusuhan dalam aksi penolakan UU Ciptaker pada Kamis (12/10).